Instagram: Ubermoon

Wednesday, March 9, 2011

Solat Oh Solat..

Pic from Google

Bagaimana sih cara solat yang sebenarnya? Apakah cara solat yang kalian biasa lakukan sudah benar?

Selama ini cara solat yang saya tahu adalah dr buku. Dan saat manasik dikasih buku petunjuk dan saya baca dan ada bbrp hal berbeda dalam cara melakukannya dari yang biasa saya lakukan. Jadi saya ikut yang dr buku manasik. Nanti mungkin kalau ada buku lain yang diberikan, saya akan ikut dari buku baru yang diberikan. Hahaha. *plinplan*

Tapi tahukah kalian, cara solat yang menyatukan umat muslim seluruh dunia itu yang sama hanyalah pada intinya. Takbir-ruku-bangun (apa deh ini namanya, saya lupa) -sujud-duduk diantara dua sujud-sujud-bangun...dan ya gerakan2 intinya saja. Tapi ditengah gerakan inti itu, ternyata banyak bedanya lho. Hehehe. Saya, Mbak Citra, dan Kak Arie sering melihat bagaimana cara orang solat dari berbagai negara. Ada yang lucu-lucu. Mungkin kalau mereka memerhatikan cara solat orang Indonesia, mereka jg akan bilang lucu. Hihihi.

--> Solatnya orang Arab itu santai sekali. Abis takbir Allahu Akbar, mereka memang bersedekap. Tapi saat mereka bersedekap, matanya bisa melihat kemana-mana lho. Jadi ngga fokus melihat sajadah. Mereka bisa lihat kiri kanan kiri kanan kiri kanan. Hihihi.

--> Solatnya orang Turki, sehabis mereka takbir, mereka ga bersedekap. Alih2 ya tangannya ke bawah aja santai. Liat kiri kanan juga biasa. Malah waktu saya lg capek baca Quran, saya lihat ke belakang dan bertubrukan pandangan dengan seorang nenek Turki, lalu dia tersenyum, saya senyum balik donk, nah abis saya senyum balik, tiba2 dia nengok kiri kanan "Assalamualaikum..Assalamualaikum". Laaaah, dia lagi solat ternyata. Napa tadi senyum2 sama sayaaaah??? Hihihi.

--> Ini kak Arie yang lihat, saya si ga pernah lihat yang beginian. Hehehe. Kak Arie melihat saat orang Turki duduk tahiyat akhir, sebelum mengakhiri solat, kan jari menunjuk ke arah depan, lalu biasanya digoyangkan pelan kan. Nah ini engga hanya jari, tapi tangannya mengejang dan bergoyang2 mengejang gt. Hihihi. Saat kak Arie menirukan, saya tertawa ngakak. Karena beneran kayak org kejang gt. Hihihi.

--> Kata mamah, saat orang Arab atau Pakistan sedang solat bersama anak di sampingnya, dan anak itu menangis, maka mereka akan mengangkat anaknya dan membawa dalam solatnya. Trus gmn pas sujud? Pas sujud, anaknya ditaro dl trus mereka sujud. Kalo anaknya masi nangis, abis mereka sujud, anaknya digendong lagi. Kadang jg sambil goyang2 (membuai) gendongnya. Dan itu mereka masih solat. Hehehe.

--> Ini yang paling heits..Saya ga tahu mbaknya ini orang mana. Dari tampilan sepertinya Arab indo putih, tapi ia berbahasa Prancis. Saat sedang solat, ponselnya berbunyi terus. Pertama ia diamkan, lalu ia solat. Eh lalu ponselnya berbunyi lagi, nah saat ia mau sujud, tiba2 ia mengeluarkan ponselnya dr dalam tas, menaruhnya di atas sajadah, memencet tombol "OK" untuk menjawab telponnya, lalu sujud sambil memiringkan kepalanya dan berkata "Allo..assalamualaikum.." Hahahaha.

--> Oh, another heitss..Jadi, setelah beberapa kali melihat cara bangsa lain solat, tersebutlah dua orang Indonesia. Satu solat di kanan saya, satu solat di kiri saya. Saat sedang berdiri dan bersedekap, sang Indonesia di sebelah kiri saya ini memutar kakinya untuk membetulkan sajadahnya yang agak kusut terlipat. Mending kalau benerinnya santai dan pelan, ini beneran kakinya melangkah jauh. Hihi. Lalu, tak berapa lama, di tengah solat, menuju ke sujud, Indonesia di sebelah kanan saya tiba2 dengan sigapnya memindahkan tas tangannya dr sebelah kiri kepalanya ke sebelah kanan. Hihi. Itu dilakukan untuk mencegah kaki seorang anak Pakistan yang sedang makan kudapan di sampingnya dan kaki kecil yang kotor (krn tdk pakai sendal itu) hampir menyentuh sajadahnya. Perkenalkan....Indonesia di sebelah kiri saya adalah Mbak Citra, calon kakak ipar saya. Dan Indonesia dia sebelah kanan saya adalah Ibu Kissumi, mamah saya. Hahaha.

Oh dan tenang, Indonesia yang di tengah jg sempet2nya melihat Indonesia di sblh kiri yang memutar kakinya membetulkan sajadah dan Indonesia sebelah kanan yang memindahkan tasnya..Indonesia di tengah itu adalah.........SAYA. Hehehe.



Senyum dulu ah..

No comments:

Post a Comment