Instagram: Ubermoon

Wednesday, October 31, 2012

Kerampokan di Manila..

Tujuh bulan sebelum keberangkatan, tiket uda di tangan. Belinya pake drama. Drama karena satu teman rempong ngambek (di social media), ngrasa ga diajak. Hadooooh.. Perasaan umurnya lebih tua daripada saya, tapi ambekannya lebih gede. Segede bad... *okeskip* Hihihi.

Anyhoo, banyak yang bengong pas saya bilang mau ke  Filipin (yang penulisan nama negara dengan benarnya baru saya ketahui seminggu sebelum berangkat), katanya, "Ada apaan emang di sana, Lan?!" Oh well oh well, ada Pinoy si banyak, gitu aja pake ditanya!! *sewot!!* :))) Turns out, saat saya baca buku dan googling2 cantik tentang negara ini, huaaaaaah, negara ini menyimpan banyak objek menarik bangeeeettt!! Ya kalau saya, dikasi gereja dengan arsitektur indah aja saya uda klepek-klepek si, jadi ga objektif emang secara Filipin menawarkan BUANYAK sekali gereja (dan karena ada pengaruh peninggalan Spanish dalam historinya, jadi yaaaa, kalian kebayang kan gerejanya kewl macam apa.. Hehehe..). Tapi selain gereja, banyak tempat indah di Filipin. Kali ini berkat Tuhan baru mengantar saya ke Manila dan Boracay. Insyaallah kalau ada rejeki lagi, mau balik lagi untuk explore daerah lainnya.. :) Amiiinnn..


Manila ow Manila..
Ini perjalanan yang paling menyesakkan hati (dan kantong) deh beneran. Hahaha. Hari pertama di Manila dan kami sudah 'kerampokkan'. YUP!! 'Dirampok'!! Kenapa pake tanda kutip? Karena kami dirampok sama pengemudi kuda yang baik jalannya dan sama guide di Chinese Cemetery, bukan as in dompet kami diambil gitu. Hehehe.

Awalnya, di pagi hari, kami jalan kaki menuju Intramuros (old townnya Manila), pas uda jalan lumejen jauh kami berpikir lah mau coba naik horse cart gitu. Pengemudinya bapak tua yang gundul tanpa pacul dan giginya uda ga ada. Hihihi. Deal harga 250peso per setengah jam. Okelah. Naiklah kami, jalan-jalan keliling-keliling. Gada feeling apa-apa si, kan berpikiran positif. Hihihi. (Tapi sejujurnya ya, sepulang dari India itu, saya agak minim persediaan berpikir positifnya untuk orang lain.. Feelingnya, pas di akhir pasti adaaaa aja yang minta tambah ini itu. Hehehe. *peace* *salahin Indian*). Setelah jalan kira-kira 3.5jam, otw ke Chinese Cemetery, kudanya kayak uda capek gitu, mulai gada tenaganya. Sang bapak kusir sempat mengelus pinggul kuda dan bilang, "Tired.. Tired.."; saya jawab, "Oh poor thing.. :(" dan saya nanya apa masih jauh Chinese Cemeterynya? Dia bilang udah dekat kok. Ya baiklah. Tadinya kalau masih jauh sih udah aja ga usa dipaksain, uda mau maghrib juga gitu. Ya masa ke kuburan gelap-gelapan kan?? *mecucu*


Sampai di Chinese Cemetery, sang bapak kusir ini assign temennya untuk jadi guide. Masuk Chinese Cemetery ini emang harus sama guide gitu. Saya sempat bertanya fee untuk guidenya, pak kusir jawab, "Cheap.. Cheap.." -- Bahasa Inggrisnya dia emang ga lancar-lancar amat. Saya nanya lagi ke guidenya, berapa fee-nya. Dia jawab, "Cheap, Mam. Up to you.". Okelah. *menulis ini, jadi yakin bahwa 'up to you' itu sungguh terminologi yang ambigu.. :(*

Mulai masuk lah kami ke Chinese Cemetery ini. Dengerin cerita dia, jalan ksana kmari dan matahari sudah dada babay. Jadi, yeah, saya gelap-gelapan di kuburan. LUARBIASAH!! Di Indonesia dikasi kayak gitu??? Saya kabur!! Hahaha.. Karena uda gelap itu juga, saya bilang udahan aja jalan-jalannya, itu anjing-anjing uda pada melolong, entah apa yang mereka liat paaaan. Hadeeeuuuh. Miu dan Uni juga setuju untuk udahan aja. Dengan baik hatinya kami kasih 150peso ke guidenya. Itu jalan-jalannya gada satu jam, jangankan satu jam, 45menit aja kayaknya ga ada. Cuma sak numlik doank!! Eh, guidenya ngetawain aja loh!! Dia ga mau 150!! SEMPRUL!!

Jadi saya nanya, berapa? And guess what?! He asked foooorrrr 1500pesoooo!! Huanjeeeeennggg!!*eh aduh maap ya kasar.. Maap ya adek-adek..*

Posisinya adalah kami, di tengah kuburan, malam-malam, diminta 1500peso, keadaan sepi gada sapa-sapa. Kalau si guidenya ngapa-ngapainin kami, kami ga bisa apa-apa. Saya tawar 1000peso dan dia tetep ga mau loooohhh. APA LACUR HAH?! Ahirnya demi keselamatan diri, kami bayar lah itu 1500peso sambil misuh-misuh ga rela (ya menurut nganaaaa??!!!) trus jalan buru-buru ke luar. Sampe luar, kami liat si guidenya nyelipin uang ke kusir kami. Kami (sekali lagi) masih berpikiran positif. Oh, kalau dibagi sama kusirnya ya gapapa deh. Itung-itung bagi rejeki. *kurang baik apa haaaa???* *lempar petasan* *eh aduh banyak kekerasan di post ini.. Aduh maap ya adek-adek.. *susah dah kalau banyak anak SD baca blog gueeee..* -____-


Kami naik horse cartnya lagi lah. Tadinya minta diantar ke Manila Bay tapi karena kudanya uda kecapekan, sang kusir bisanya cuma antar kami ke stesyen LRT terdekat. Yowislah rapopo.

Pas di jalan, Miu minta saya nanyain ke pak kusir berapa total kami. Dia bilang, "Seven thousand five hundred, Mam..", saya yang lagi lieur dan keausan bilang ke Miu, "tujuratus lima puluh, Miu.." trus nengok lagi ke depan. Sepersekian detik kemudian, saya panik dan bilang, "WHAT???", trus nanya lagi ke pak kusir, "You said, seven thousand five hundred???", dia jawab, "Yes Mam, four and a half hour, Mam.."

Sumpe itu otak saya uda ga bisa mikir 4.5jam kali 500peso tu berapa. Blank se blank-blanknya. Yang saya mau cuma turun atau jorogin tu pak kusir sampe dia ngejengkang ke bawah. HIIIIHHHH!!! *bacok-bacok pala gundul* HIIIIHHHH!! *hiyak, oke, adek-adek, ini saatnya kalian menutup laman ya.. Tutup ya, ganti nonton MikiMos aja ya.. :)*

Dengan sisa tenaga dan emosi yang memuncak, saya jadi berkeras juga ngelawan si pak kusir. Saya bilang ga mau bayar segitu. Saya mau bayar 2500 aja. *barusan ngitung pake kalkulator, itu aja uda saya tambahin 250peso tuh!!* Dia jawab, "Yes Mam, 2500 each Mam. WHAT THE??? *fuck-nya disimpen dulu, takut masih ada adik-adik yang baca* Saya digituin makin menjadi galaknya. Jadi saya nyerocos lah itu pake Bahasa Inggris dengan mata memberang kesal dan tanpa senyum. Pak kusir pake bilang, "For my family, Mam. No work tomorrow, Mam. For horse eat, Mam." and you know what, tiba-tiba matanya dia teary!! Berkaca-kaca!! SIAULLLL!!! Pinter banget sik mainin psikologi orang!! *jatuh luluh*

Etapi engga, saya tetep galak si. Saya sampe bilang perkataan yang sangat-sangat saya hindari untuk dipake berbicara ke orang, "Well, that's your problem!! I don't care if you don't have work tomorrow or that you and your family is hungry. I don't care!! It's either you take the 3000peso or let us get down here and you get nothing!!" (uda kami naikkin jadi 3000peso itu ya Tuhaaaan.. Kurang apaaa?? Huhuhu). Dia terus-terusan minta lebih lebih dan lebih dan akhirnya saya capek dan bilang dengan sedikit teriak:

THREE THOUSAND FIVE HUNDRED PESO IS FINAL!!
DO YOU WANT TO TAKE IT OR NOT???
IF NOT, DROP ME HERE!!!!
I DON'T CARE BOUT YOU AND NO WORK THINGY FOR TOMORROW!!
YOU TAKE IT OR NOT!!!

Yampun, sabar Bulan sabaaaarrr.. Orang sabar disayang Tuhaaaan.. *elus-elus dada sendiri*

Btw, saya yang lagi marah-marah ini diliatin orang-orang di jeepney depan loh. Sial. Bagaimana ini predikat pwincess sayaaa??? Hih.. Ini salah pak kusir!!

Finally, dia oke sama si 3500 itu. For Lordness Sake, itu sejuta loooh. Sejuta buat naik andong keliling Manila selama 4.5jam??? You gotta be kidding meeee!!! *kirim surat keberatan ke pemerintah Manila* *sapa elu?!*

Dan kami akhirnya ga mau diantar sampe LRT. Akhirnya melipir ke SM Mall (entah waktu itu SM mana, deket LRT stesyen Tayuman lah pokoknya), mendinginkan diri sambil makan malam. Sedih dan blank banget saya tu. Saya ke Philippines cuma bawa uang 8800peso. Ada si uang di ATM tapi kan kalau ga perlu-perlu banget ga mau ambil. :( Sedih banget beneran!! :(

Tapi tapi tapi, lucunya, walaupun kami kena musibah itu, gada yang kesel-keselan. Setelah ngademin diri, tetep aja pada ngakak-ngakak lagi crita ini itu. Tetep aja muter-muter mall liat-liat barang. Dan tetep aja cengengesan. Eh btw, teman satu yang ngambek karena ga diajak tadi itu, alasan kami ga ngajak dia sebenarnya karena dia orangnya negatif banget. Dalam hal omongan maupun pikiran. Jadi ga enak kalau jalan sama dia. Dan pas kejadian ini terjadi, kami bisa bersyukur dan lega bahwa si teman yang ngambek itu ga diajak. Kalau ada dia pasti auranya jadi negatif banget dan dia jadi misuh-misuh terus menerus. Males aja dengernyaaaaa. Hihihi.

Selesai ngadem-ngadem lucu, kami akhirnya jalan kaki ke LRT stesyen. Si pak kusir sempet bilang tu kalau daerah itu daerah rawan, tapi yaudalahya masa iya eyke mau sama yey lagi paaaak.. Pfft.. Dengan sisa pikiran positif yang ada, jalan lah kami ngelewatin jalan yang gelap dan bau pesing dan banyak orang keleleran tidur-tiduran di pinggirnya gitu. Insyaallah gapapa. Dan emang gapapa. Kami naik LRT dan turun di Quirino stesyen trus bengong. Ini ke arah mana ya sekarang?? :)))) I am map reader tapi mapnya Manila itu sungguh sangat tidak membantu loh. Beneran ga jelas mana dimana anak kambing saya.. :))))

Sempat nanya sama supir tricycle. Dengan galaknya bilang, "Just tell me which way to go and I'll walk." pas dia nawarin tricyclenya. Hahaha. Maap ya Bang.. *pukpuk* Kami jalan jalan dan jalan dan uda nemu jalan tempat hostel kami berada. Tapi jalannya ada yang ke kiri dan ke kanan. Jadi, kami kemana? Hahaha. Daerahnya sama sekali baru, ga kayak yang kami lewatin tadi pagi pas ke hostel. Lha piye iki?! *tepokjidat*

Ada supir tricycle lagi (yang kerja sambil bawa anak, ini umum loh di Manila orang nyambut gawe, narik becak sambil bawa anak) yang nawarin, tapi dia sendiri ga yakin. Jadilah daripada bete-bete lagi, mending kami jalan aja. Uda jalan kira-kira 800meter, aura lingkungannya kok kayaknya makin jauh ya dari lingkungan hostel kami?! Hahaha. Nanya-nanya sama orang dan ga ada yang tau, akhirnya ketemu supir tricycle yang tadi donk. Dia bantu nanya ke supir taksi, ke orang-orang, dan dia nawarin naik tricyclenya lagi. Kami ternyata salah arah. Harusnya tadi ke kanan, kami ke kiri, jadi mesti balik lagi. PR juga ya kalau jalan kaki lagi, uda capek soalnya. Jadi saya nanya lah berapa kalau naik tricycle dia, dia jawab, "It's up to you, Mam.." Oh, no no no nooooo. No up to me agaaaaiiin.. *trauma* Hihihi. Saya insist dia sebutin nominal dan dia minta 100peso. Okelah, cuss!!

Emang ya, abis hujan selalu ada pelangi. Ya anggap aja pak gundul n guide kuburan tadi tu hujannya, nah supir tricycle ini pelanginya. ;) Dia belum tau tu lokasi persis hostel kami di mana, tapi dia willing untuk nanya-nanya. Satu kali dia nanya dan akhirnya saya bantu nanya ke orang tapi suara tricyclenya brisik jadi saya minta dia matiin, eh saya baru tau, untuk nyalain tu motor lagi, dia harus ngebebat tali di kumparannya trus ditarik. Kayak mesin yang untuk cacah kelapa itu. :( Kasian.

Supir tricycle ini baik, dan mau dengerin kalau kami bilang lewat kiri dan kanan (walaupun belum tentu bener, ya namanya juga hari pertama, belum familiar. Hihihi). Anaknya juga lucu. Bapaknya kerja, dia duduk manis di motor sambil makan sate baso goreng. Hahaha. Kami akhirnya berhasil menemukan hostel kami. Pas turun, kami kasi tambahan uang ke supirnya dan kasi satu pak jelly ke anaknya, eh dia jawab, "Mam, this is too much, Mam.." Yampuuuun, baik bangeeeettt!! Pas kami jawab, "Take it, it's for you. Thank you so much.." dan dia jawab sambil nunduk-nunduk, "Oh, thank you, Mam. Thank you.." Dan kemudian nunggu kami sampe kami masuk ke dalam hostel dan dia dan anaknya dadah-dadah. Omaygat, ampe merinding nyeritainnya lagi. :)

One thing for sure, one area is not filled with bad people only. On that first day, I met two bad people in Manila, but then one good person has erased the bad experience away. And that one good person is a tricycle driver with an amazing gratitude towards everything he has received. I forgot to ask his name (or his daughter's), but I know Lord can save my pray for him and his family. Bless'em Lord for he know how to be grateful. :)



Senyum dulu ah.. :)

No comments:

Post a Comment