Instagram: Ubermoon

Monday, March 4, 2013

[Bukan] Tips: Tiket Murah Kesana Kemari..

Ini bukan tips!
Bukan sulap dan juga bukan sihir!
Bukan aku dan bukan kamu!
Jadi siapa aku? Siapa kamu? Di mana kita? Apa yang sedang kita lakukan? *mulaaaaiiii...mulaaaaiii* :p

I've been called 'ticket bitch' lately. Bukan karena saya jualan tiket atau karena saya jalang (eh kok GR, siapa tau emang iya ya.. -____-), tapi lebih karena saya hampir selalu kece dalam mendapatkan tiket pesawat murah kesana kemari kemana-mana! Hihihi. I might not be lucky with all those quizzes and lucky dips, but I've been lucky enough in getting cheap airline tickets. :p



Tiket pesawat yang harganya naik naik ke puncak gunung tinggi tinggi sekali kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara memang membuat banyak orang berpikir bahwa hobi 'traveling' adalah hobi yang mahal. Padahal kalau dibandingkan dengan hobi filateli, iya, emang mahalan hobi traveling sih *lhaaaa*, kalau dibandingkan dengan hobi mendengarkan musik (mp3nya bajakan pulak), mahalan traveling juga. Iya denk, traveling mahal berarti. *labil* :p Tapi kemahalan traveling, selain sebanding dengan pengalaman yang didapat, juga bisa cukup ditekan kok. Salah satunya dengan berburu tiket pesawat murah. :)

Beberapa kali saya dapat tiket pesawat murah. Jakarta-Philippines PP 565.000, Jakarta-Phuket-Bangkok-Kolkatta-KL-Jakarta 1.600.000, dan yang terbaru Jakarta-Makassar PP 376.000. Oke banget kan.. Jadi gimana caranya dapat tiket pesawat murah?

1. Jadi pelanggan atau pencatat
Langganan newsletter dari beberapa maskapai itu gratis. Udah gratis, dapat info lebih dulu kalau mereka ada promo lagi, jadi kenapa nggak digunakan? Gimana cara daftarnya? Masuk ke web maskapai yang diinginkan, nah nanti ada tab khusus di situ dimana kita bisa masukin alamat email kita dan daftar newsletternya. Lihat pelan-pelan. Pasti ada kok. :) Kalau nggak mau inbox diisi promo maskapai, bisa juga jadi pencatat. Inget-inget aja di bulan apa sebuah maskapai biasanya berpromo. Itu akan berulang. Misalnya maskapai A di tahun ini promo di bulan Agustus, maka kemungkinan (sangat) besar, tahun depan promo akan diadakan di bulan yang sama. :D

2. Cek periode pesan dan periode terbang
Karena saat promo itu traffic website maskapai bersangkutan akan sangat penuh, jadi daripada dapat lebah muter-muter dan kemudian laman ga bisa dibuka, mending lihat dulu di awal periode pesan sampai kapan dan periode terbang juga sampai kapan. Ini biar kita nggak salah klik aja si. Salah klik, keluar laman yang bukan promo, ngulang, ngabisin waktu, traffic penuh, dapat lebah muter-muter. JAH!

3. Pesan tiket jauh hari
Sama seperti hotel atau tiket konser, ada sistem early bird juga di tiket pesawat. Jadi yang beli jauh hari (apalagi jauh bulan atau jauh tahun), biasanya bisa dapat harga yang lebih murah. Beli tiket pesawat jauh hari juga memberi kita waktu untuk nabung mempersiapkan perjalanan yang akan dilakukan. Jadi pas akan berangkat, sudah lebih siap. ;) Oh, siapkan juga kalender di dekat kalian saat membeli tiket. Ini memudahkan untuk melihat hari dan agenda kita saat akan berangkat. Jadi nggak bentrok lah sama jadwal outing kantor. Haseeeek!!

4. Siapkan alat pembayaran
Mengacu pada alasan di poin nomor dua, siapkan alat pembayaran dari awal atau siapkan alat pembayaran di tempat yang dekat jadi cepat diraih. Ini biar cepat saat proses pembayarannya. Kalau bayar dengan kartu kredit, siapkan kartu kredit dan HP (karena biasanya ada kode otentifikasi yang dikirim ke HP). Kalau bayar dengan e-banking, siapkan tokennya. Preparation saves time. :D

5. Santai dan sabar
Jangan kemrungsung saat memesan. Jangan terburu-buru sampai detil tanggal, jam, destinasi, dan nama penumpang jadi salah. Itu nanti benerinnya PR lagi. Tiket promo juga biasanya nggak bisa diganti nama dan diubah jadwalnya sih. Hihihi. Dengan santai dan sabar, kita juga bisa baca seluruh tambahan ini itu dengan baik dan ambil keputusan mana opsi tambahan yang perlu kita ambil. Misalnya opsi memilih tempat duduk. Beberapa sistem web maskapai secara otomatis mengisi opsi ini dengan harga memilih tempat duduk yang paling mahal, dan itu bisa hampir 100.000 sendiri. Jadi cepat tapi teliti untuk hal-hal tambahan ini.

Demikianlah [bukan] tips kali ini. Sampai bertemu di [bukan] tips selanjutnya. Hyeuuuukkkk... :))


Senyum dulu ah.. :)

2 comments:

  1. Dan aku mmg cinta tiket murah. Perna dapat jkt-dps cuman 10 pp. jkt-sing-jb-kl-aceh-kl-jkt cuman 225 all in

    pokoke cinta banget tiket murah :)

    ReplyDelete