Instagram: Ubermoon

Tuesday, May 7, 2013

Beli Tiket Kereta Online.. Tsakep!!

Iya emang saya kampring, baru coba sekarang beli tiket kereta online. Hahaha. Eh, apa? Ada yang belum tau bisa beli tiket kereta online? Ada yang masih ke Gambir untuk beli tiket kereta langsung di sana? Iiiiih, Puji Tuhan ya.. Ternyata saya bukan yang tertelat.. :p *ngajak berantem* *dilempar abu* :p

Saat mau Bandung Getaway kemarin, untuk pertama kalinya saya coba membeli tiket kereta api secara online. Sebelumnya sih sudah tahu bisa beli online, cuma belum tahu mau naik kereta kemana, jadi ya nggak pernah beli-beli. Hihihi. Saya tahu juga kok bisa beli di minimarket yang buka setiap bulan Maret itu, tapi Silka pernah berada dalam posisi di bawah ini:

Silka: Mbak, di sini bisa beli tiket kereta online ya? *dengan senyum sumringah sukacita menunggu jawaban di pengkolan*
Mbak Maret: Iya.

Lalu krik krik krik... Mbaknya ga ngasitau gimana caranya, udah aja gitu didiemin abis bilang 'Iya' dan mbaknya sibuk ngerjain yang lain lagi sertamerta nyuekin Silka.. Lhaaaaa.. Doenk!! -_____-

Oleh karena pengalaman Silka itu, maka membeli tiket kereta di minimarket Maret itu sudah pasti nggak jadi pilihan saya. :p (Lagipula, kalau beli tiket mesti ke minimarket, ya balik-balik ga cuma bawa tiket aja donk ah.. *ambil snack, buah, pembalut, shampo*)

Maka akhirnya saya memutuskan cari tahu tentang beli tiket kereta online ini dari......Android Play Store. Hahaha. Ada dua pilihan, bisa lewat Tiket.com atau lewat web PT. KAI. Karena websitenya PT. KAI ini suka lemodia dan Tiket.com lebih user-friendly, maka saya pilih lah beli pakai Tiket.com.

Caranya gampang banget. Untuk yang pake Android, bisa langsung unduh 'Tiket.com' dari  Play Store. Yang ga pake Android, yaudah atuh sini kasih ke saya gadgetnya nanti saya cariin kalau di situ pake apa dan saya infoin. :p Kalau pake notebook sama kok, tinggal ke www.tiket.com saja.

Dari situ tinggal pilih stasiun keberangkatan dan stasiun yang dituju dan pilih tanggalnya. Nanti akan keluar pilihan jadwal berangkat keretanya. Tinggal pilih sesuai keinginan, isi data-data, check out, bayar via KlikBCA (bisa juga dengan kartu kredit, ATM, dan XL Tunai) dan selesai!

Cepat sekali kan. :D
Nanti akan ada SMS notifikasi nomor pemesanan sekaligus voucher yang dikirim ke email kontak.

Ini voucher yang dikirim ke email
Nah ini yang masih belum baik - menurut saya dan Silka; voucher atau SMS notifikasi itu nanti harus ditunjukkan ke loket di stasiun keberangkatan untuk ditukar dengan tiket asli, yang mana loket online dengan loket orang beli di sana itu sama. Jadi kalau lagi ada banyak orang ngantri beli langsung di sana, ya kita harus tetap menunggu antrian. Kemarin si Puji Tuhan lagi kosong ya di Gambir, jadi saya ga pake antri lagi. Tapi kalau lagi musim penuh, siap-siap saja datang lebih awal karena ya itu tadi, harus ikut antri dengan yang beli di sana. :D

Voucher nanti diganti tiket seperti ini. :)
Oya, beli tiket online ini juga ada biaya administrasinya ya. Biayanya 12.500 tapi kalau bayar dengan moda pembayaran selain kartu kredit, maka dikorting 5.000, jadi biaya adminnya 7500 saja. Hihihi.

Memudahkan sekali sih beli tiket online ini. Jadi nggak susah harus ke loketnya langsung. Bisa sambil gelesotan di tempat tidur dan atau pake anduk doank karena habis mandi. Bisaaaa!! Dan, sekarang Mei kan,  nah tiket untuk lebaran (Agustus) sudah bisa dibeli lhooo. Hayeuk atuh lah.. :D

Demikianlah cerita saya beli tiket kereta online.. Ingat, kejahatan ada karena adanya kesempatan. WASPADALAH! WASPADALAH!
*wuopo?!*

Senyum dulu ah.. :)

No comments:

Post a Comment