Instagram: Ubermoon

Tuesday, August 5, 2014

Gratisan: Itinerary 4H3M Sumatra Utara

Untuk beberapa yang (pernah) sekedar bertanya (atau malah meminta) saya buatkan itinerary, ini beberapa itinerary yang mau saya bagi. Gratis untuk kalian. :)

Bilang apa hayoooo? :p
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itinerary Sumatra Utara 4H3M

Hari 1:
Sampai di Kualanamu International Airport (KNIA) bisa makan dulu sebentar untuk isi perut yang kosong karena nggak beli on-board meal demi pengiritan. Selesai makan, keluar dan mari langsung menuju Danau Toba. Untuk menuju Danau Toba ada beberapa pilihan cara yang bisa dilihat di sini; mudahnya, kalau naik travel bisa langsung dari KNIA, kalau mau naik bus reguler, ambil DAMRI dulu ke Terminal Amplas dan dari sana baru naik bus menuju Parapat. Kalau naik travel, akan langsung diantar ke penginapan. Kalau naik bus biasanya akan diantar sampai pinggir jalan yang menuju Danau Toba itu, dari situ jalan kaki saja bisa kok (atau kalau bawaan banyak, ya naik angkutan Rp3000 saja). Sampai di penginapan, taruh barang dan istirahat sebentar untuk kemudian jalan-jalan di sekitar Danau Toba. Jalan di pinggir Danau Toba ini satu arah dan terhitung mudah kok untuk disusuri. Bisa juga naik ferry wisata untuk muter-muter di Danau Tobanya. Untuk pilihan tempat makan, bisa jalan kaki menuju jalan besar. Di sana banyak restoran yang menjual masakan Padang. Jangan lupa coba makan Ikan Pora-Pora ya, enak kraus kraus. :D




Hari 2:
Hari ini kita ke Pulau Samosir yuk. Dari penginapan naik angkutan (angkutannya hanya ada satu jenis kok, jadi tak perlu pusing, satu arah pun jalannya.) ke pelabuhan yang dituju. Kalau menuju ke Tomok tanpa bawa kendaraan, naiknya dari Pelabuhan Tigaraja dengan jadwal ferry berangkat tiap setengah jam mulai dari 06.30 - 18.30. Bayar tiketnya langsung di atas kapal. :D Sampai di Tomok, susuri gang kecil yang kanan kirinya dipenuhi banyak kios menjual baju sampai bertemu jalan besar. Dari situ menyeberang saja ke jalan kecil lain dengan (masih) kios di kanan kirinya. Di jalan kecil ini bisa berhenti untuk mengunjungi Patung Sigale-gale dan lihat pertunjukkan tarinya. Lihat pertunjukan tari ini bayar ya. :D Setelah lihat Sigale-gale, lanjut jalan lagi menuju Makam Raja Sidabutar. Jalan sampai ke belakang dan kemudian lanjut ke Museum Batak. Dari Museum Batak, jalan kaki menyusuri jalan kecil yang sama menuju jalan besar tadi. Belok kanan dan jalan kaki lagi sampai menemukan gereja yang ada di atas bukit. Gerejanya sesungguhnya biasa saja, tapi karena saya lihat dari pas di atas ferry gereja ini cantik, jadi ya mampir. Hehehe. Setelah dari gereja, masuk ke salah satu kios kecil di sekitar Pasar Tomok dan pesanlah Mie Gomak! Hehehe. Super enyak!





Setelah makan, carilah betor dan tawar-tawaran biaya untuk putar-putar ke Tuktuk. Berhenti sebentar di pinggir Sigale-gale besar untuk lihat pemandangan. Di Tuktuk kalau sempat, beli Roti Samuel. Bawa pulang ke Parapat. Katanya, enak! :D 

Balik ke Parapat naik ferry lagi setelah itu habiskan waktu sebentar di pinggir Danau Toba. Merenung. Tentang masa lalu dan masa depan dan mantan. Lalu balik ke Medan dengan naik travel. Sampai di Medan, masuk penginapan, taruh barang, dan cari betor kemudian langsung menuju Kampung Madras/Kampung Keling untuk makan malam. Kalau lambungnya masih muat, lanjut naik betor lagi ke .... UCOK DURIAN! Menikmati durian super lembut dengan harga super bersahabat. 

Hari 3:
Hari ini saatnya keliling Medan! Mari menuju Kesawan, menyusuri jalan sampai ke Tjong A Fie Mansion. Masuk, melihat, dan mendengar cerita sejarah saudagar kaya beserta perjuangannya. Di depan Tjong A Fie Mansion ada Soto Kesawan, bisa makan di sana atau ke Tip Top Restaurant yang terkenal karena vintagenya, atau naik betor ke Soto Pagi Sore  :D Lalu cari betor dan menuju ke Istana Maimun, jangan lupa foto pakai kostum Melayu. Hihihi. Dari Istana Maimun, menyeberang dan jalan sedikit ke Mesjid Raya Medan.




Lanjutkan perjalanan dengan taksi menuju St. Maria Annai Velangkani, gereja Katolik dengan bentuk arsitektur seperti kuil. Pulangnya, masih dengan taksi, beli Bolu Meranti untuk oleh-oleh. Sore menuju malam, bisa naik betor untuk mencoba Mie Siantar Awai yang super yum! Lanjut jalan kaki ke Merdeka Walk dan nikmati malam terakhir di Medan ala anak gahul. Ihir!

Hari 4:
Kalau kembalinya siang/sore, bisa ke Kantor Pos Medan dulu yang berada di pinggir seberang salah satu sudut Merdeka Walk. Kantor Posnya berada di gedung vintage yang keren. Masuk lalu beli kartu pos dan kirim ke saya. :D Setelah itu, langsung menuju Stasiun Medan dan naik airport train ke Kualanamu. Perjalanan selesai deh. :)

Sekian itinerary gratisannya. Kalau ada yang kurang, maaf ya; kalau ada yang salah, beritahu saya. Kalau kurang pas, silakan diubah susunannya sesuai rute jalan-jalan yang diinginkan. :) Hihihi.

Terima kasih..
Sama-sama..
Senyum dulu ah.. :)

No comments:

Post a Comment