Instagram: Ubermoon

Monday, August 11, 2014

Yogyakarta.. Pulangnya saya..

Something about this city attracts me more than to just call it hometown.

Yogyakarta.

Tempat kelahiran bujendral dan abang saya.
Tempat kami kembali saat Hari Raya.
Tempat terdekat untuk kabur dari hirup pikuk Jakarta.

Yogyakarta..

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kali kemarin saya pulang, ada dua kenangan manis tersimpan.
Yang pertama; akhirnya, setelah beberapa kali kembali, saya bisa mewujudkan salah satu impian untuk naik .... 





ODONG-ODONG LAMPU!! 





Hahaha. Dubrak nggak? :P

Tapi sungguh naik odong-odong lampu ini sudah keinginan dari lama, tapi tidak bisa dilakukan karena beberapa hal:
1. Belum ada teman asyik untuk naik bareng dan naik odong-odong sendirian itu terlihat sungguh desperate
2. Biaya naiknya cukup mahal. Satu kali putar, kalau hari biasa Rp30.000, Weekend/Hari Besar Rp50.000. Bisa bayangkan kalau saya naik sendirian di tengah hiruk pikuk Alun-Alun Kidul, mencoba bersenang-senang dengan iringan dentuman musik house yang menggelegar, keluarin uang Rp30.000 dari dompet sendiri? Naik sendiri gowes sendiri joget sendiri bayar sendiri. Bisa bayangin? Bisa? Saya sih enggak. Nggak tahu kalau Mas Anang.

Dengan dua alasan itu, maka saat kemarin kami (saya, abang, kakak ipar, keponakan, dan dua sepupu) jalan bersama, saya langsung mengobarkan semangat '45 untuk melakukan kegiatan perodong-odongan ini. Hihihi. Harganya Rp50.000 dan bapak pemilik odong-odong tidak mau sedikit pun bergeser. Not even to Rp45.000! Tapi baiklah, mari laksanakan!

Wajah saya kayaknya terbaca sekali bahagianya. Saya sampai ketawa-ketawa sendiri beberapa kali hanya karena senang akhirnya keinginan ini tercapai juga. Hehehe.


<3 <3 <3 


Gigi kering kakaaaaak, cengengesan terus kakaaaa. Hihihi..
Tapi tak apa, hati bahagia..
Yang bayar Rp50.000-nya Kak Ari lagi.. << salah deng, yang bayar ternyata om saya, Om Koen. Hihihi.
Hidung kembang kempis..

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kebahagiaan kedua adalah karena saya bisa mewujudkan keinginan lainnya yang juga sudah lama dibayang-bayang: naik sepeda sampai Malioboro! Woohoo!!

Saat di Jogja, saya memang lebih senang naik sepeda ke mana-mana. Naik sepeda di Yogya itu enak; angin semilir, asap tidak sepekat Jakarta, dan pengendara lain masih menghargai keberadaan pengendara sepeda ini. Hihihi. Di beberapa jalan bahkan ada jalur khusus pesepeda. Kurang apa coba? :D

Kalau saya sendirian ke Yogya, paling jauh saya hanya naik sepeda sampai Purawisata dari rumah eyang saya di Prawirotaman. Tapi kemarin karena Abang (sepupu saya) juga datang, akhirnya saya menariknya untuk jalan lebih jauh. Abang ini teman jalan saya dulu ke Belitong dan Melaka dan Kuala Lumpur dan Perak. Hahaha. Di acara jalan-jalan ini juga kami menginisiasi penerus kami, Dion (sepupu terkecil), untuk jadi pejalan juga seperti saya dan Abang. Asik juga anak kecil ini. Diajak ke mana-mana nggak ngeluh dan tetap happy-go-lucky. Hihihi.

Dion, Abang, Rembulan Indira Cantik Jelita Di Seluruh Nusantara.


Rute kami kemarin: Prawirotaman, Jl Parangtritis, Jl Katamso, Panembahan, Wijilan, Alun-Alun Utara, Jl Senopati, Jl Suryotomo, Jl Mataram, Jl Malioboro, Jl Ahmad Yani, Jl Senopati, Jl Katamso, Jl Parangtritis, Prawirotaman. Coba itu di mana ya bisa cari tahu itu berapa kilometer yang kami tempuh? Hehehe. At some point, Dion sampai turun dan cari kardus karena bokongnya sakit. Mungkin kalau celananya saya pelorotin, terlihat cetakan kursi boncengan sepeda di bokongnya. Hahaha. *eh, that's actually a good idea ya!*

Dengan sepedaan, kami jadi bisa berhenti dan melihat beberapa tempat. Berhenti untuk bernostalgia dengan Restoran Legian di Malioboro di mana Popsky dan Bujendral sering mengajak saya dan abang untuk menikmati sepiring spaghetti saat sedang punya uang lebih. Kami bahkan sempat beli minum ke Progo demi menukar uang. (Parkir sepedanya gratis euy! :P). Dan sempat terpana melihat gerbang besar Kampung Ketandan yang sudah berdiri kokoh. Itu kok tetiba ada? Dibangun Roro Jonggrang? EAAAAA!! Juga bisa berhenti ke kelenteng yang sudah dari lama ingin saya masuki. Pokoknya jadi bisa menclok-menclok deh kalau keliling Yogya naik sepeda!

Kelenteng Fuk Ling Miau

Eh anak Sevel mana loe? | Sevel Sarkem! | *kemudian semua diam*

Restoran Legian. Tempat kami memakan pasta saat papamama punya uang lebih. :')

Kampung Ketandan yang entah muncul dari mana.. :p


Balik-balik hati membuncah bahagia dan betis mengencang. Akhirnya angan-angan lainnya terpenuhi. Angan-angan yang sederhana tapi sudah membuat bahagia. Yogyakarta tidak pernah membosankan untuk saya. Selalu ada hal baru, tempat baru, cerita baru dari setiap perjalanan saya ke sana. Yogya terasa manis seperti setiap kali saya mengucapkan namanya saat orang bertanya, "Pulang ke mana?" :)

Senyum dulu ah.. :)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tulisan Travel Bloggers Indonesia lainnya, silakan kakaaaaa:

Kak Olive - Merangkai Serpihan Kenangan di Peunayong
Kak Danan - Mudik, Rindu Rumah
Kak Bobby - Tradisi Mudik di Keluarga Batak
Fahmi Anhar - Tradisi Lebaran Di Kampung Halaman
Kak Farchan - Kepulangan yang Agung
Kak Vika - Pulang Mengenang Kakek
Kak Yofangga - Ibu, Aku Pulang
Kakatete - Mudik atau Tidak, adalah Pilihan
Kak Bolang - Sebuah Cerita Tentang Pulang
Kak Nugie - Selalu Ada Jalan Untuk Pulang
Kak Badai - Lebaran Terakhir Bersama Nenek
Mbak Indri - Cirebon: Mudik dan Perut yang Manja

25 comments:

  1. Yogyakarta, nggak ada matinya! seneng liat mukamu sumringah pol pas naik odong-odong lampu itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha.. Masa terlihat sih Faaam.. Padahal wajahku kalem gitu yaaaa.. Hihihi..

      Delete
  2. Bulaaannn,
    aku kangen Jogjaaaaa...
    ke jogja bulan lalu niatnya naik odong-odong lampu terus gagaaallll karena hujaann....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah.. Ayo harus direncanakan lebih matang!! Plus book pawangnya sekalian!! Hihihi..

      Delete
  3. Ga salah kalo aku jatuh cinta dengan jogja. Odong-odongnya canggih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Canggih bingiiiiit!! Ada yang dua lantai lho Kak Bob.. Hihihi..

      Delete
    2. eh, ciyus itu kak? Bisa dinaikin juga? haha

      Delete
    3. Bisaaaa.. Hahaha.. Jadi bisa dadah-dadah dari lantai duanya.. :D

      Delete
  4. Saya pas lebaran kemarin malah di rumah saja. Tidak berani keluar rumah karena Jogja pasti ma-cet-cet-cet di musim lebaran (dan long weekend).

    Saya juga belum pernah naik odong-odong yang ada di alun-alun selatan itu. Rp 50.000 itu muter-muter sepuasnya kah?

    Prawirotaman - Malioboro PP itu ada sekitar 6 km. Gapura Ketandan itu dibangun tahun 2012.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh justru Lebaran kemarin nggak terlalu penuh lho, Mawi Wijna. Cenderung kosong malah. :D Rp50.000 itu sekali putaran. Iya, cuma sekali. Hihihi. Tapi waktu itu karena lagi macet di sekitar Alun-alun Kidul itu, jadi ya walaupun cuma satu putaran, rasanya lumayan lama. Hihihi.

      PP 6km ya? Lumayan juga yaaaaa.. Pantes betis kemeng!! Hahahaha..

      Terima kasih sudah mampir ya Mawi. :)

      Delete
  5. aha jogja tanah leluhur nih... tapi udah jarang mudik ke jogja terakhir dua tahun 3 tahun lalu :D dan langsung mampir sarkem (ngintip doank). abis penasaran ixixixixi dulu pas kecil2 nggak tahu apa itu sarkem , skrg tetep nggak tahu juga sih *pasang muka lugu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaa... Yakin nggak tahu nih sekarang? Aku ajak ke sana deh kalau gituuuuu.. Ayo janjian!! *soalnya anaknya juga penasaran sama Sarkem tapi selalu nggak dibolehin ke sana sama mama dan om.. -_____-*

      Delete
    2. doakan september jadi ke sarkem eh jogja :D *nyengir

      Delete
    3. Ahahaha.. Tak terpisahkan memang kak!! Hihihi.. Amin aku doakan selamat sampai Yogya dan balik lagi.. :) Selamat liburan kaaaak.. :)

      Delete
  6. kaaakk, kak bulan
    mukanya kak, bahagia banget kayanya naik odong-odong :D
    aku malah belum pernah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Apakah segitu terlihatnya kaaaaak?? Hihihi..

      Ayo kapan kita ke Yogya bareng, kita naik lagiiiii.. Kak Yofa yang bayar yaaaa.. :D

      Delete
  7. owwww.....asli Yogya toh ternyata.
    Berarti ntar kalo aku main2 kesana, mau ya jadi guide kulinerku? hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahoooy.. Mariiiii.. Kalau aku ke Malang lagi, Mbak Deb jadi guide semua-semuaku yaaa.. Hihihi..

      Delete
  8. Duh, kak. Lain kali kalo pengen naik odong2 tapi nggak ada temen, hubungi aku aja ya. Nanti aku bawa massa aha.
    Ternyata tulisannya kak Bulan lucu juga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Bener ya Kak Gie!! Hihihi.. Terima kasih sudah mampir.. :D

      Delete
  9. Jiyeeeeh yang anak sevel sarkem. Nyahahha.. Anyway kak bulan gemesin bangettt deeh tulisannya. *udek2 pipinya* x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Anak sevel mana kamoooh?? Hihihi..

      *usel2KakTitiw*

      Delete
  10. Aku selalu merindu jogja, selalu ada cerita di jogja :-) dan sarkem selalu menarik hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buahahaha.. Eh tapi Cum.. Sejujurnya, aku belum pernah ke Sarkeeeeem.. Gak dibolehin masa sama sodarakuuu.. :(((((

      Ajak dong!

      Delete
  11. Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order tasnya, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di pabrik tas kita,..
    toko tas kita menyediakan banyak model tas yang bisa di pilih-pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

    NB : HATI2 DI PABRIK TAS JOGJA INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

    Thank's.

    ReplyDelete