Instagram: Ubermoon

Monday, December 2, 2013

Cruise = Mahal?

Keinginan bujendral itu ada dua.
Satu ke Kampung Sampireun.
Dua, ikut cruise.

Yang pertama, saya cuma bisa bantu booking saja dan yang menemani saat di Kampung Sampireunnya Kak Ari, Mbak Citra, dan Key.

Berniat banget, saya bisa nemenin di keinginan keduanya. Dan pas abis arisan di PIM, saat saya jalan sama Hanum, eh kok saya lihat ada promo cruise. Biasanya kalau lihat promo gitu, saya melengos-melengos saja tapi entah kenapa, saat itu saya balik badan dan bertanya lebih lanjut. Mungkin jalannya. :D

Malamnya saya kasih tahu beliau tentang promo cruise ini. Dari suaranya, beliau senang banget dan langsung niat besoknya ngajak balik ke PIM untuk cari tahu lebih lanjut. Hahaha. Turns out, setelah diskon, biaya per orangnya oke banget lah. Diskonnya gede karena ini keberangkatan pertama cruise ini dari Asia. Cruise berangkat dari Singapore. Siang itu kami mendaftar dan JRENG!! Ternyata promo hanya berlaku untuk keberangkatan minimal 3orang/grup. Huaaaaa, ngajak siapa inih?! :(

Tapi sekali lagi, mungkin ini jalannya. Karena entah bagaimana, sore sekembalinya dari PIM, saya dapat surel konfirmasi bahwa saya dan mama bisa berangkat, satu kabin berdua!! Cie banget nggak siiiih.. Hehehe. Alhamdulillah. :D


Cruise itu mahal?
Banyak orang berpikir begini dan karenanya, tidak banyak orang Indonesia yang ikut (atau awam tentang ini). Di keberangkatan sebelumnya, banyak orang Indonesia ikut tapi katanya yang sudah veteran a.k.a sudah berusia semua. Hihihi. Jadi benarkah cruise itu mahal dan cuma bisa diikuti oleh orang berpunya atau yang sudah 'veteran'?

Well, saya nggak akan breakdown soal harga sih tapi intinya begini:
- Harga cruise itu adalah termasuk harga kamar hotel full selama masa cruisenya, lengkap dengan makan pagi siang dan malam setiap hari. Tinggal pilih aja mau kabin yang seperti apa? Yang standar atau yang ada balkon, semua ada. Makanan di buffet tersedia bebas ambil. Di restoran bebas nambah. Banyak pilihan tempat makan tersedia dari mulai untuk makan pagi sampai makan dini hari. Dari mulai menu barat, India, Asia, Italia, lengkap dan gratis!
- Harga cruise itu sudah termasuk semua fasilitas yang bisa digunakan secara bebas. Jogging track tersedia, kolam renang juga bahkan ada yang biasa dan ada yang spa dengan air laut asli (ini kolam renang di dalam kapalnya ya maksudnya, bukan kita luncat ke laut gitu..hihihi), gym ada, kursus dansa banyak, kursus masak juga. Semua gratis!
- Harga cruise sudah termasuk banyak pilihan pertunjukkan seni yang bisa kita nikmati. Mulai dari dansa komunitas, pesta, sampai pertunjukkan sulap dan opera, semua tersedia. Gratis!

Jadi semua udah gratis Lan? Nggak ada yang perlu bayar lagi?
Oh ada. Tapi minimal banget.
- Di buffet, minuman standar macam air putih, teh, kopi, susu, jus tu gratis bebas ambil kapan saja. Koktil dan minuman beralkohol bisa dipesan dan bayar sendiri.
- Di restoran, bahkan air putih itu bayar karena pakainya air putih kemasan bukan dispenser seperti di buffet.
- Spa dan salon itu bayar.
- Layanan makan diantar ke kamar itu bayar.
- Shore excursion itu bayar.
- Casino lewat doang gratis (hihihi) tapi kalau main ya bayar. :p
Itu aja sih yang bayar.
Kenapa saya bilang minimal? Karena yang bayar-bayar itu sifatnya hal suka-suka yang kalau nggak kalian nikmatin ya bisa-bisa aja.

Tapi gue gampang haus, Lan. Di kamar nggak dikasih minum masaaaa..
Bok!! Minuman kemasan aja harganya 3dollar, macam mana lah dia sediain minuman kemasan tiap hari di kabin? Jangan ribet! Di kamar disediain ketel untuk masak air. Nah, masak air aja, ambil tap water dan masak deh. Sama kok. Ga mau ribet lagi? Bawa tumbler dan isi di buffet tiap kali abis makan. Trus bawa ke kamar deh. Malu? Ga osah maluuuu, banyak yang begitu. Hahahaha.

Kalau ke restoran bawa minum sendiri bisa Lan?
Boleeeeh. Bawa aja minuman sendiri dan minum deh. Boleh kok. ;)

Badan gue kan capek Lan abis perjalanan ke Singapore. Spanya mahal banget ya?
MAHAL! Setelah diskon, untuk spa sejam itu USD79. HA!! Nyaho siah ampir sejuta untuk spa sejam. Hahaha. Kalau saya dan mama kemarin, karena perjalanan dari Singapore itu langsung ke Phuket maka kami niat pijat pas turun Phuket. THB300 saja dan badan enak bingit abis seharian belanja. Hihihi. Kalau ga ada rute ke Phuket gimana? Yaudahsik pijet-pijetan aja di kabin. Hihihi.

Wifi ada Lan?
Ada doooong. Tapi bayar. USD100 per jam. Huahahaha. Mau?? Saya sih enggak. Hahaha. Coba cari pilihan roaming internasional saja dari provider masing-masing. Kemarin mama pakai provider dua huruf yang namanya diawali X dan diakhiri L itu dan ada program roaming internasional 50rb/hari. Lumayan banget itu!

Pas ke daratan itu gimana Lan? Jalan-jalan bayar lagi. 
Basically, harga cruise yang dibayarkan adalah harga selama kalian ada di atas kapal. Kalau udah turun kapal ya bayar sendiri. Pilihan shore excursion dari cruisenya memang mahal karena semua sudah diatur biar sesuai dengan waktu dockingnya plus keselamatan terjamin. Mau murah tapi tetap bisa menikmati daratan yang dikunjungi? Gampaaaang. Google atuh lah!! Saya kemarin nggak ikut shore excursion apa-apa dari cruisenya. Semua jalan-jalan sendiri aja. Naik taksi di Langkawi dan naik tuk-tuk di Phuket. Hehehe. Intinya satu: jangan malas cari info. :D

Pengen breakfast in bed, Lan..
Well, kecuali kalian lagi honeymoon on a cruise atau mata bengep abis KDRT on a cruise sih ngapain juga breakfast in bed? Jalan lah ke restoran atau buffet. Kan sambil lihat-lihat pemandangan. Pemandangan kapal, pemandangan laut, sekaligus pemandangan 3rd Maitre D'Hotel yang ganteng. Eaaaaa!! Mas Amiiittt.. Akuh padamuh maaaas.. Akuh padamuuuh.. :p

Jadi, cruise = mahal?
Menurut saya, dengan diskon yang saya dapat, dengan semua makanan yang tersedia, dengan semua fasilitas yang gratis, cruise itu nggak mahal. Tapi memang perlu jeli maksimalin semuanya. Udah bayar sekian juta kalau fasilitas nggak dipergunakan kan juga sayang. Maka baca baca baca dan tanya. Tiap hari akan datang koran yang isinya kegiatan yang ditawarin di cruise pada hari itu. Baca aja mana kegiatan (gratis) yang bisa kalian ikutin. Jangan malu dan takut juga untuk nanya. Hari pertama masuk kapal, saya lihat koran terus langsung nanya 'Which one is free?" Hihihi. Dijawab, "All here is free except this (sambil mbaknya melingkari yang harus bayar)." Yeehaw!!

Jadi, masih mikir cruise itu mahal?
Ah itu mungkin perasaan dek pembaca saja..
:p
Eh tapi ya demi bujendral ya.. :p

Senyum dulu ah.. :)



7 comments:

  1. duh, anak satu ini ternyata berbakti... emang kebanggaan mama... thanks buat pencerahannya ttg trip berlayar ini, udah lama penasaran, jadi ada gambaran lebih jelas sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Alhamdulillah dibilang berbaktiii.. :D

      Delete
  2. Ah so sweet, jadi kepikiran buat ajakin mama ngecruise someday.
    Tapi pengin tahu info lengkapnya kak, haha. Termasuk harga, rute, dan lamanya perjalanan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya mama dulu Riev, mama suka nggak berada di kapal lama2.. Karena walaupun besar, tapi kadang kalau ombak lagi tinggi, terasa juga melautnya. Hihihi.

      Delete
  3. Lan, minta detail infonya donk. Jadi pengen juga ngajak mamah nge-cruise. Hehe.. Btw gaya tulisan loe mirip gw deh. Bisa dikomplen inih qta ama mas adint. Heuheu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ter, detail info apose kokondao kah? Kalau harga, gw emang jarang kasi si di blog. Hahaha. Nanti whatsappan aja kita yah.. :)))) Main2 ah ke blog looeeee.. :D

      Delete
  4. Apuse kokondao yarabe sorendoreri cyiiiinn.. *klingking naik*. Iya itu, harga brp, kmana aja, brp lama. Intinya sih nanya harga. Hehe.. Lah blog gw baru seumur jagung dan kadang gw terlantarkan. Emak tiri ini judulnya. Hahaaa..

    ReplyDelete